Senin, 03 November 2008

Belum Tidur Juga , Kak …?

Beberapa teori kesehatan menyebutkan bahwa kebutuhan tidur orang dewasa minimal 6 jam perhari dan bagi anak –anak serta bayi kebutuhan tidurnya lebih banyak lagi dari orang dewasa . Namun kadang kita tidak bisa memenuhi kuantitas tersebut dengan berbagai alasan penyebab.

Adalah si sulung ( Kakak ) , sering mengalami kesulitan tidur walau malam sudah beranjak. Kakak sendiri mengaku sedih tidak bisa tidur hingga kadang kami dengar tangis lirihnya dari kamar sebelah , padahal si Adik sudah lelap tidur di tempat tidur sebelahnya.

Dulu kami sering menegur dengan keras kepada Kakak karena tidak segera tidur walau sudah lama berada di kamar tidur , karena kami takut besok ngantuk saat sekolah, namun kini kami lebih ingin melihat dari sisi Kakak kenapa sulit tidur.

Namun cukup unik jika ibunya menemaninya tidur maka Kakak akan segera terlelap. Mungkin karena Kakak merasa nyaman , tidak takut atau hal lain yang membuatnya tenang.

Sampai kini kami selaku orangtua masih terus mendiskusikan bagaimana agar Kakak bisa tidur dengan cepat dan tenang. Satu hal sudah kami lakukan kini kami tidak lagi marah dan ikut berdo’a semoga Kakak cepat tidur saat Kakak cium pipi pamitan untuk pergi tidur.

Lampu besar juga sudah kami padamkan saat jam mulai menunjuk anagka sembilan , agar Kakak yang merasa cahaya terang mengganggu cukup didukung suasana.

Apakah Kakak merasa takut ..? , takut pada gelap ...? takut pada hal mistis seerti di tv ...? takut pada kesunyian ..? Itulah serentetan pertanyaan yang sedang kami gali dan terus kami cari jawabnya.

9 komentar:

  1. sku biasanya kalau nggak bisa tidur itu kalau pas ada masalah

    blum tahu ya kalau anak-anak yang sulit tidur

    semoga cepet ketemu solusinya ya

    BalasHapus
  2. Iya nih , kadang biar cepet ngantuk kami suruh bawa buku pelajaran yang paling tidak disukai matematika , tapi malah bukunya yg tidur..he..he..

    BalasHapus
  3. saya lebih cepat tidur justru kalau lampu dimatikan semua. kayaknya lebih nyaman bergelap-gelapan...

    BalasHapus
  4. Saya juga lebih nyaman tidur gelap, adem rasanya , sebenarnya sama dengan si Kakak yang suka gelap, tapi Kakak masih sulit juga tidur walau sudah digelapin...

    BalasHapus
  5. ga bisa tidur ya...
    wah sama kayak mbokjamu kalau musim ujian
    coba pake aroma terapi
    sebelum tidur semprotkan sedikit parfum lavender di bantal dan oleskan sedikit minyak lavender di pelipis , ga lama pasti tidur....
    kalau susah cari minyak lavender
    coba beli baby oil-nya jhonson n jhonson yang warna ungu, trus diolesin di pelipisnya juga
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  6. Berbicara masalah per-tiduran, biasanya kalo perut sudah isi/kenyang langsung trasa ngantuk..dan tidur deh....Mau coba...

    Apalagi MUSIM HUJAN begini...nyenyak deh...

    BalasHapus
  7. U/ Tisa ..Mbak, terimakasih sarannya , Insya Alloh setelah ini saya cari parfum/oil lavender ..mudah2an dapet.. Si Kakak juga sudah saya confirm...

    Makasih Yaa..

    BalasHapus
  8. U/Mas Awal...betul Mas, habis makan biasanya kita terserang penyakit "ngantuk"... Saya sendiri begitu apalagi habis lunch, mau jatuh rasanya ini mata..

    btw, tks yaa..

    wassalam

    BalasHapus
  9. alhamdulillah
    kalau saran mbokjamu bisa bermanfaat
    semoga si kakak bisa mimpi indah

    BalasHapus