Senin, 10 November 2008

Jones , Jones , Jones ...Wake up Now…( Semua Ada Waktunya )

Dalam big-match adu pukul yang disiarkan minggu lalu kegesitan Roy Jones Jr seakan tenggelam oleh kepercayaan diri yang tinggi lawannya Joe Calzaghe . Si Joe terus mendorong Jones ke tepi ring dengan lontaran jab – jab menyengat , sesekali Jones membalas namun Joe mendahuluinya memukul. Bahkan sebuah upper-cut keras yang bersarang didagu Joe di ronde pertengahan tak menyurutkan rangsekkan dan malah membalas merobek pelipis kiri Jones pada ronde berikutnya.

Sebetulnya kedua petinju mempunyai gaya yang sama , yaitu sama – sama bergaya fighter. Namun minggu lalu Jones terpaksa harus menutup muka dengan double cover yang rapat , hal ini memang jadi pilihan karena Jones sadar lawannya kali ini mempunyai kecepatan pukulan yang fantastis dan mampu memukul dari segala sudut.

Lima tahunan lalu Jones memang ibarat tanpa tanding, malang melintang di dunia tinju dari kelas ke kelas diatasnya. Bahkan saat masuk kelas berat Jones secara phenomenal mengkandaskan juara bertahan John Ruiz. Karena merasa tidak ada lawan Jones putus asa dan ingin pindah profesi menjadi pebasket. Namun semua kehebatannya tak mampu dia keluarkan pada pertandingan minggu lalu . Jones …semua ada waktunya.

Peradaban manusia dalam kurun waktu yang berbeda juga kurang lebih seperti contoh diatas. Suatu bangsa atau kaum atau kelompok pada masa tertentu “seakan” superior atas lainnya dan memegang kendali. Hal ini terjadi jauh sebelum masa sejarah modern. Buku – buku sejarah banyak mencatat kejayaan sekaligus keruntuhan suatu dinasti.

Semua kejadian berputar seiring roda waktu , kadang diatas suatu saat ada dibawah. Semua posisi menyimpan romantisme yang berbeda , sehingga kadang saat sedang di bawah kita membayangkan dan meng-angankan kondisi kejayaan dulu.

Namun jika kita ( sebagai individu , kelompok , negara ) sedang diatas hendaklah beempati dan tidak merasa superior atas lainnya sehingga merasa punya hak campur tangan dalam segala urusan. Ingat bahwa semua ada waktunya …..

Dan jika kita sedang dibawah ( baik sebagai individu , kelompok , negara ) hendaklah juga jangan berputus asa. Eratkan silaturahmi , bangun kebersamaan, terus tempa diri agar dapat bersaing secara positif. Agama mengajarkan bahwa “ ada kemudahan sesudah kesusahan “ Insya Alloh.

Terima kasih Jones , kami banyak belajar bahwa semua ada waktunya baik itu jaya ataupun turun tahta. Itu hanya soal waktu .

4 komentar:

  1. hidup ini bisa diibaratkan kayak roda ya

    BalasHapus
  2. hidup ini bisa diibaratkan kayak roda ya

    BalasHapus
  3. Perputaran roda kehidupan pada diri setiap orang berbeda. Ada yang lambat ada yang cepat. Namun demikian perputaran itu jelas akan membawa perubahan dalam kehidupannya. Ada yang berada di atas dalam masa yang lama, tapi ada juga yang sebentar di atas langsung jatuh dan ambruk.

    BalasHapus
  4. U/ Mbak Elys ..betul Mbak, mudah2an rodanya bulat sehingga mutarnya enak, alus dan lancar..

    U/Mas Mufti ....menghadapi perubahan akibat putaran itulah yang terkadang sangat sulit karena membutuhkan kematangan emosi dan berpikir, sehingga tidak terjebak hal negatif ( buruk sangka)

    BalasHapus