Kamis, 01 Januari 2009

2008 - 2009


Hari ini, seluruh dunia sepakat menghitung sebagai awal hitungan tahun baru berdasarkan tarikh masehi. Kembang api banyak mewarnai langit yang gelap hingga nampak terang seakan memberi harapan bahwa waktu yang akan datang secerah kembang api menerangi gelapnya langit.

Setelah hampir setahun dunia dicekam oleh krisis finansial yang menyeluruh , kini wajar kalau penduduk dunia berharap tahun baru membawa pencerahan dan harapan positif. Harapan akan hidup yang lebih manfaat tentunya dengan mendasarkan pada sendi – sendi kehidupan yang lebih kokoh serta tahan dari badai krisis.

Yo-Yo
Para pakar mengatakan bahwa tahun 2008 ibarat permainan Yo-Yo. Ini bukan semata karena mainan ini saat sekarang sedang kembali jadi trend terutama dikalangan anak- anak, namun karena kondisi sosial masyarakat sedang naik turun seperti gerakan dalam Yo-Yo.

Ekonomi dunia bergerak kearah yang sulit ditebak oleh orang awam seperti saya. Sebagai contoh harga minyak dunia yang sempat menyentuh angka diluar psikologis , namun dipenghujung akhir tahun terus bergerak turun. Satu komoditas saja sudah membuat beberapa negara kocar – kacir dalam mengatur APBN. Dampaknya saya sebagai orang awam semakin bingung menghadapi fluktuatif harga sembako di pasaran , karena kecenderungan harga naik tapi hampir sulit untuk turun.

Namun apakah benar bahwa gerakan ekonomi dunia itu murni nature ..? tanpa ada yang mengendalikan ?. Kalau mengambil analogi permainan Yo-Yo seharusnya atau berarti kondisi dunia sekarang pastilah ada yang mengendalikan. Terus siapa pemegang kendali permainan Yo-Yo ini?. Kenapa kita sebagai bangsa yang besar dengan potensi yang melimpah belum juga sebagai pemain Yo-Yo , tapi malah menjadi bagian dari Yo-Yo yang rela terus berputar dan naik turun?

Harapan baru?
Terus bagaimana dengan 2009? . Sebagian pakar pesimis namun ada juga yang optimis. Optimisme mungkin muncul bagi mereka yang mempunyai cara pandang baru terhadap sistem saat ini yang sudah nyata- nyata sangat rentan dari tindakan spekulan.

Saya pribadi hanya sekedar berharap mudah – mudahan tahun 2009 membawa banyak kesejahteraan menyeluruh bagi umat manusia di dunia. Kedamaian , saling menghormati antar bangsa semakin terwujud, serta pencerahan baru terjadi dalam tatanan masyarakat secara integral.

Seperti kembang api diatas , menyala dalam langit gelap , membawa harapan terang. Amin.


Tambahan :
(Gambar kembang api diambil dari teras rumah, saat melihat pesta akhir tahun yang di gelar dilapangan dekat tempat tinggal. Semoga bukan pesta seremonial tanpa manfaat dan hura – hura , namun membawa perenungan pribadi untuk menjadi yang lebih baik dalam hal bersikap, bertindak dan berpikir.)

7 komentar:

  1. Selamat tahun baru 2009, semoga segala harapan dan doa yang baik bakal terwujud ditahun yang baru ini...

    BalasHapus
  2. @Tukang Nggunem: amin..terima kasih, hari esok lebih baik dari kini dan lalu

    BalasHapus
  3. happy new year ya .. wish u all the best

    aku tadi malem males motret kembang api yang ramai bertaburan di langit perumahan malah nonton kembang api dari berlin lewat TV

    BalasHapus
  4. Selamat thun baru Hijriyan 1430 H dan selmat tahun baru Miladiyah 2009

    Semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah Nya kepada kita dalam berkarya untuk mencapai ridhoNya,,amin...

    BalasHapus
  5. hepi nu yer kang :D

    salam kenal yaph :D

    BalasHapus
  6. Semoga bukan sekedar harapan adanya, namun dapat terwujud menjadi suatu kenyataan

    BalasHapus
  7. @Mas Awal : thks juga...amin2

    @Bias : salam kenal kembali & thanks

    @Mas Mufti : Betul semoga semua bisa terwujud

    BalasHapus