Jumat, 01 Mei 2009

Menjadi Tamu Saat Perjalanan

Minggu lalu saya melakukan perjalanan ke luar kota. Ketika perjalanan berangkat, seperti biasa sebelum pesawat take-off akan ada pengumuman kurang lebih begini “...penumpang yang terhormat , sesuai dengan regulasi penerbangan sipil dst ...”. Saat itu saya tidak merasakan hal aneh melintas ditelinga ketika pengumuman berlangsung.

Justru kalimat yang tidak begitu familiar ( mungkin baru dengar kali ini ) terdengar saat perjalanan balik dengan menggunakan maskapai penerbangan domestik. Kalimat itu kurang lebih begini “…tamu kami yang terhormat , sesuai dengan regulasi penerbangan sipil dst ….”. Hal baru itu ternyata kata penumpang diganti dengan kata tamu. Kata itu tetap dipakai selama penerbangan dari take-off hingga mendarat jika awak pesawat akan menyampaikan pengumuman untuk para penumpangnya ( tamunya ).

Customer Relation
Dalam persaingan usaha yang begitu ketat, di butuhkan seribu taktik untuk berhasil menarik pelanggan. Terlebih bagi suatu usaha yang bergerak dalam bidang jasa , pelayanan adalah kunci sukses bagi langkah berikutnya. Strategi dan taktik itu sendiri dewasa ini tidak melulu soal core bisnis tapi sudah melebar kepada perangkat pendukung seperti customer relation misalnya.

Mengambil contoh di atas, ditengah persaingan tarif kategori low cost carrier, saat selisih harga menunjukkan angka yang tidak significan memang dibutuhkan strategi tambahan. Nampaknya sepele tapi tetap punya efek, simak saja secara harafiah kata penumpang dan kata tamu, anda akan dapat merasakan perbedaannya.

Untuk menjadi pemenang memang kata itu tidaklah cukup menjadi kunci, masih ada rangkaian proses yang harus dilalui dan harus dijalankan dengan kualitas baik. Intinya dalam bisnis apapun end-to-end proses harus menjadi ruh dan menggambarkan out put yang akan di capai.

12 komentar:

  1. bukan seribu taktik lagi, tiada tara deh taktiknya untuk bisa nyabet customer.pengalaman nih,hehehe

    BalasHapus
  2. penumpang diganti tamu, kelihatannya menjadi lebih sopan

    BalasHapus
  3. Yah mungkin memang maskapai sekarang harus ekstra keras untuk memikat konsumen mas...termasuk memberi citra positif ke pelanggan, mungkin dengan menyebut kata tamu akan lebih nguwongke agar kepuasan konsumen semakin terasa... maklum lah karena makin banyaknya kompetitor dengan pelayanan yang makin bagus.

    BalasHapus
  4. @jengsri : setuju sekali, mmg tiada tara kata yg tepat! karena perang diskon sdh tak mempan lagi karena customer sekarang sdh pinter. Mereka bilang buat apa harga murah tapi tidak memberikan 'real added value' thd bisnisnya. misalnya buat apa harga tiket murah tapi 'telatan' dsb ....mmg perlu terobosan yg benar2 berbeda

    @mas Ciput : saya jg sependapat , lebih halus kesannya

    @Bu Guru : citra positif mmg hars dijaga , maksudnya pelayanan bagus harus dibarengi dgn cara melayani yg bagus ...mgk kira2 seperti itu

    BalasHapus
  5. Hhhmmm...terdengar lebih halus dan sopan.

    BalasHapus
  6. perang diudara...
    persaingan usaha wajar tapi jangn sampe demi ngejar beda tarif dikit sampe "tega" ngajak penumpang jatoh bebas...
    mungkin kl pake kata tamu
    jadi ga tega ngajak tamunya jatuh

    BalasHapus
  7. @mbak Lala : memeang kedengaran lebih manis

    @Tisa: hei ..lama sibuk, baru muncul nih ...
    betul murah saja tidak cukup.

    BalasHapus
  8. Sam
    "tamu" ataupun "pelanggan" dalam hal ini sepertinya sekedar lip service saja....kenapa? karena pada kondisi actualnya pelayanannya sama saja.....ga ada bedanya

    BalasHapus
  9. Ikutan dong,...sepertinya aku sudah familiar dengan isi postingan diatas....eh btw ada yang baru nga, program or smthing

    BalasHapus
  10. Do you want to be associated with Bittrex but facing an issue in creating the account? Do you want to get rid of this issue? Obstacles such as these appear because of the server errors and glitches. It can be easily eliminated with help of an esteemed executives at Bittrex customer service Number Dial Bittrex Phone number+ 1800-665-6722 to avail best in class services. The executives at Bittrex are highly skilled and make it easier for you to understand the problems.
    Bittrex Support number

    Bittrex Support number
    Bittrex Support phone number
    Bittrex Phone number
    Bittrex Customer Support number
    Bittrex Customer Service number
    Bittrex Customer Care number
    Bittrex Helpline number
    Bittrex help desk number
    Bittrex Contact number
    Bittrex number

    BalasHapus
  11. Is your Binance account not working and you don’t know what to do to get access to the account? Why are you unable to sign in on your Binance account? Is this error due to password issues or there is another backend problem? To put end to all the problems, dial Binance phone number and get connected with the team of gems who have knowledge related to Binance and can fix all the queries in the short interval of time. The team is always at your support hence, make sure to delete all your problems in quick time.
    Binance Support number
    Binance Support phone number
    Binance Customer Support number
    Binance Customer Service number
    Binance phone number
    Binance number

    BalasHapus
  12. Is your Blockchain account trapped by immense problems and you need to fix it immediately? Finding trouble to trade on Blockchain is quite a big error face by a user? What could be the chief reason for the disabling of selling and buying bitcoin in your Blockchain account? To get all the answers related to your queries, call on Blockchain customer care number which is functional all the time. You will be connected with the team of skilled professionals who help in eliminating all your problems.
    Blockchain Support number
    Blockchain Support phone number
    Blockchain Customer Support number
    Blockchain Customer Service number
    Blockchain phone number
    Blockchain number

    BalasHapus